Jumat, 13 November 2015

SILABUS MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

SILABUS MATAKULIAH

Fakultas                            :  Teknik
Program Studi                   :  Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer
Nama Mata Kuliah              :  Belajar dan Pembelajaran
Jumlah SKS                      :  3
Semester                          :  5
Deskripsi Mata Kuliah     : Dalam perkuliahan dibahas hakikat proses belajar mengajar dan komponen-komponennya, prinsip-prinsip belajar, masalah-masalah belajar, penyusunan perangkat dan instrumen pembelajaran inovatif-progresif, model pembelajaran langsung (direct instruction), model pembelajaran kooperatif (cooperative learning), strategi-strategi belajar (learning strategies), pembelajaran berdasarkan masalah (problem based instruction), pengajaran dan pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning), assessment dan sistem penilaian.
Standar Kompetensi       : Memiliki pengetahuan dan pemahaman yang komprehensif dan fungsional tentang dasar-dasar belajar maupun pembelajaran dengan berbagai komponen dan aspeknya, sehingga dengan itu, mahasiswa mampu menyoroti, menganalisis, dan memecahkan berbagai persoalan peserta didik di dalam kelas dan mampu membentuk seorang guru yang profesional dan berkarakter.

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Ajar
Pengalaman Pembelajaran
Metode
Waktu
Alat/Bahan/
Sumber Belajar
Penilaian

1.     Mahasiswa mampu mengingat program perkuliahan Belajar dan Pembelajaran

Orientasi Perkuliahan

 

Orientasi Perkuliahan

 

Orientasi Perkuliahan

 

Ceramah, Tanya jawab, dan tugas

200 menit

LCD, Laptop, spidol, dan pointer/hand out/silabus matakuliah belajar dan pembelajaran

 

 

2.     Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat proses belajar mengajar dan komponen-komponennya
1.     Menjelaskan konsep belajar
2.     Menjelaskan konsep mengajar
3.     Menjelaskan hakikat proses belajar mengjar
4.     Menjelaskan ciri-ciri belajar mengajar
5.     Menjelaskan tujuan belajar
6.     Menjelaskan bahan pelajaran
7.     Menjelaskan kegiatan belajar pembelajaran
8.     Menjelaskan metode belajar
9.     Menjelaskan alat belajar
10.  Menjelaskan sumber pelajaran
11.  Menjelaskan evaluasi pembelajaran
1.     Konsep belajar
2.     Konsep mengajar
3.     Hakikat proses belajar mengjar
4.     Ciri-ciri belajar mengajar
5.     Tujuan  belajar
6.     Bahan pelajaran
7.     Kegiatan belajar pembelajaran
8.     Metode belajar
9.     Alat belajar
10.  Sumber pelajaran
11.  Evaluasi pembelajaran
1.     Mahasiswa menjelaskan konsep belajar
2.     Mahasiswa menjelaskan konsep mengajar
3.     Mahasiswa menjelaskan hakikat proses belajar mengjar
4.     Mahasiswa menjelaskan ciri-ciri belajar mengajar
5.     Mahasiswa menjelaskan tujuan belajar
6.     Mahasiswa menjelaskan bahan pelajaran
7.     Mahasiswa menjelaskan kegiatan belajar pembelajaran
8.     Mahasiswa menjelaskan metode belajar
9.     Mahasiswa menjelaskan alat belajar
10.  Mahasiswa menjelaskan sumber pelajaran
11.  Mahasiswa menjelaskan evaluasi pembelajaran
Presentasi, tugas, diskusi, dan tanya jawab.

Pendekatan: active learning pembelajaran berpusat pada mahasiswa

200 menit

LCD, Laptop, spidol, dan pointer/hand out/ Buku (Fathurrohman dan Sutikno, 2009)

 

 Pre test, presentasi, LKM/tugas, post test

3.     Mahasiswa mampu menginterpretasikan prinsip-prinsip belajar
1.     Menginterpretasikan prinsip-prinsip belajar
2.     Menginterpretasikan prinsip-prinsip belajar dalam pembelajaran
1.     Prinsip-prinsip belajar
2.     Prinsip-prinsip belajar dalam pembelajaran
1.     Mahasiswa menginterpretasikan prinsip-prinsip belajar
2.     Mahasiswa menginterpretasikan prinsip-prinsip belajar dalam pembelajaran
Presentasi, tugas, diskusi, dan tanya jawab.

Pendekatan: active learning pembelajaran berpusat pada mahasiswa

200 menit

LCD, Laptop, spidol, dan pointer/hand out/ Buku (Aunurrahman, 2009)

 

 Pre test, presentasi, LKM/tugas, post test

4.     Mahasiswa mampu mengolongkan masalah-masalah belajar
1.     Menggolongkan masalah-masalah internal belajar
2.     Menggolongkan faktor-faktor eksternal belajar
3.     Menggolongkan untuk mengenal dan mengatasi kesulitan belajar siswa
1.     Masalah-masalah internal belajar
2.     Faktor-faktor eksternal belajar
3.     Mengenal dan mengatasi kesulitan belajar siswa
1.     Mahasiswa menggolongkan masalah-masalah internal belajar
2.     Mahasiswa menggolongkan faktor-faktor eksternal belajar
3.     Mahasiswa menggolongkan untuk mengenal dan mengatasi kesulitan belajar siswa
Presentasi, tugas, diskusi, dan tanya jawab.

Pendekatan: active learning pembelajaran berpusat pada mahasiswa

200 menit

LCD, Laptop, spidol, dan pointer/hand out/ Buku (Aunurrahman, 2009) dan (Dimyati dan Mudjiono, 1994)

 

 Pre test, presentasi, LKM/tugas, post test

5.     Mahasiswa mampu mensimulasikan penyusunan perangkat dan instrumen pembelajaran inovatif-progresif
1.     Mensimulasikan penyusunan komponen perangkat pembelajaran
2.     Mensimulasikan langkah-langkah pengembangan pembelajaran
3.     Mensimulasikan instrumen pembelajaran
1.     Penyusunan komponen perangkat pembelajaran
2.     Langkah-langkah pengembangan pembelajaran
3.     Instrumen pembelajaran
1.     Mahasiswa mensimulasikan penyusunan komponen perangkat pembelajaran
2.     Mahasiswa mensimulasikan langkah-langkah pengembangan pembelajaran
3.     Mahasiswa mensimulasikan instrumen pembelajaran
Presentasi, tugas, diskusi, dan tanya jawab.

Pendekatan: active learning pembelajaran berpusat pada mahasiswa

400 menit

LCD, Laptop, spidol, dan pointer/hand out/ Buku (Trianto, 2009)

 

 Pre test, presentasi, LKM/tugas, post test

6.     Mahasiswa mampu mengadaptasi model pembelajaran langsung (Direct Instruction)
1.     Mengadaptasi ruang lingkup pengajaran langsung
2.     Mengadaptasi pelaksanaan pengajaran langsung
1.     Ruang  lingkup pengajaran langsung
2.     Pelaksanaan pengajaran langsung
1.     Mahasiswa mengadaptasi ruang lingkup pengajaran langsung
2.     Mahasiswa mengadaptasi pelaksanaan pengajaran langsung
Presentasi, tugas, diskusi, dan tanya jawab.

Pendekatan: active learning pembelajaran berpusat pada mahasiswa

 

LCD, Laptop, spidol, dan pointer/hand out/ Buku (Trianto, 2009)

 

 Pre test, presentasi, LKM/tugas, post test

7.     Mahasiswa mampu menerapkan model pembelajaran kooperatif (Cooperative learning)
1.     Menerapkan ruang lingkup pembelajaran kooperatif
2.     Menerapkan beberapa variasi dalam model cooperative learning
1.     Ruang lingkup pembelajaran kooperatif
2.     Variasi dalam model cooperative learning
1.     Mahasiswa menerapkan ruang lingkup pembelajaran kooperatif
2.     Mahasiswa menerapkan beberapa variasi dalam model cooperative learning
Presentasi, tugas, diskusi, dan tanya jawab.

Pendekatan: active learning pembelajaran berpusat pada mahasiswa

400 menit

LCD, Laptop, spidol, dan pointer/hand out/ Buku (Trianto, 2009) dan (Suprijono, 2012)

 

 Pre test, presentasi, LKM/tugas, post test

8.     Mahasiswa mampu melaksanakan strategi-strategi belajar (Learning Strategies)
1.     Melaksanakan strategi belajar PQ4R
2.     Melaksanakan strategi belajar peta konsep (concept mapping)
3.     Melaksanakan model pembelajaran inkuiri
4.     Melaksanakan pendekatan pembelajaran terbalik (reciprocal teaching)
5.     Melaksanakan strategi belajar guided note taking
6.     Melaksanakan strategi belajar snowball drilling
7.     Melaksanakan strategi belajar giving question and getting answer
8.     Melaksanakan strategi belajar question student have
9.     Melaksanakan strategi belajar talking stick
10.  Melaksanakan stategi belajar everyone is teacher here
11.  Melaksanakan strategi belajar tebak pelajaran
1.     Strategi belajar PQ4R
2.     Strategi belajar peta konsep (concept mapping)
3.     Model pembelajaran inkuiri
4.     Pendekatan pembelajaran terbalik (reciprocal teaching)
5.     Strategi belajar guided note taking
6.     Strategi belajar snowball drilling
7.     Strategi belajar giving question and getting answer
8.     Strategi belajar question student have
9.     Strategi belajar talking stick
10.  Stategi belajar everyone is teacher here
11.  Strategi belajar tebak pelajaran
1.     Mahasiswa melaksanakan strategi belajar PQ4R
2.     Mahasiswa melaksanakan strategi belajar peta konsep (concept mapping)
3.     Mahasiswa melaksanakan model pembelajaran inkuiri
4.     Mahasiswa melaksanakan pendekatan pembelajaran terbalik (reciprocal teaching)
5.     Mahasiswa melaksanakan strategi belajar guided note taking
6.     Mahasiswa melaksanakan strategi belajar snowball drilling
7.     Mahasiswa melaksanakan strategi belajar giving question and getting answer
8.     Mahasiswa melaksanakan strategi belajar question student have
9.     Mahasiswa melaksanakan strategi belajar talking stick
10.  Mahasiswa melaksanakan stategi belajar everyone is teacher here
11.  Mahasiswa melaksanakan strategi belajar tebak pelajaran
Presentasi, tugas, diskusi, dan tanya jawab.

Pendekatan: active learning pembelajaran berpusat pada mahasiswa

200 menit

LCD, Laptop, spidol, dan pointer/hand out/ Buku (Trianto, 2009) dan (Suprijono, 2012)

 

 Pre test, presentasi, LKM/tugas, post test

9.     Mahasiswa mampu mengoperasikan pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Instruction)
1.     Mengoperasikan pengajaran berdasarkan masalah
1.     Pengajaran berdasarkan masalah
1.     Mahasiswa mengoperasikan pengajaran berdasarkan masalah
Presentasi, tugas, diskusi, dan tanya jawab.

Pendekatan: active learning pembelajaran berpusat pada mahasiswa

200 menit

LCD, Laptop, spidol, dan pointer/hand out/ Buku (Trianto, 2009)

 

 Pre test, presentasi, LKM/tugas, post test

10.  Mahasiswa mampu menerapkan pengajaran dan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning)
1.     Menerapkan konstruktivisme (constructivism)
2.     Menerapkan inkuiri (inquiry)
3.     Menerapkan bertanya (questioning)
4.     Menerapkan masyarakat belajar (learning community)
5.     Menerapkan permodelan (modeling)
6.     Menerapkan refleksi (reflection)
7.     Menerapkan penilaian autentik (authentic assessment)
1.     Konstruktivisme (constructivism)
2.     Inkuiri (inquiry)
3.     Bertanya (questioning)
4.     Masyarakat belajar (learning community)
5.     Permodelan (modeling)
6.     Refleksi (reflection)
7.     Penilaian autentik (authentic assessmen)
1.     Mahasiswa menerapkan konstruktivisme (constructivism)
2.     Mahasiswa menerapkan inkuiri (inquiry)
3.     Mahasiswa menerapkan bertanya (questioning)
4.     Mahasiswa menerapkan masyarakat belajar (learning community)
5.     Mahasiswa menerapkan permodelan (modeling)
6.     Mahasiswa menerapkan refleksi (reflection)
7.     Mahasiswa menerapkan penilaian autentik (authentic assessment)
Presentasi, tugas, diskusi, dan tanya jawab.

Pendekatan: active learning pembelajaran berpusat pada mahasiswa

200 menit

LCD, Laptop, spidol, dan pointer/hand out/ Buku (Trianto, 2009)

 

 Pre test, presentasi, LKM/tugas, post test

11.  Mahasiswa mampu menyusun assessment dan sistem penilaian
1.     Menyusun penilaian dengan tes
2.     Menyusun penilaian kinerja
3.     Menyusun penilaian sikap
4.     Menyusun penilaian proyek
5.     Menyusun penilaian produk
6.     Menyusun penilaian portofolio
7.     Menyusun penilaian diri
1.     Penilaian dengan tes
2.     Penilaian kinerja
3.     Penilaian sikap
4.     Penilaian proyek
5.     Penilaian produk
6.     Penilaian portofolio
7.     Penilaian diri
1.     Mahasiswa menyusun penilaian dengan tes
2.     Mahasiswa menyusun penilaian kinerja
3.     Mahasiswa menyusun penilaian sikap
4.     Mahasiswa menyusun penilaian proyek
5.     Mahasiswa menyusun penilaian produk
6.     Mahasiswa menyusun penilaian portofolio
7.     Mahasiswa menyusun penilaian diri
Presentasi, tugas, diskusi, dan tanya jawab.

Pendekatan: active learning pembelajaran berpusat pada mahasiswa

400 menit

LCD, Laptop, spidol, dan pointer/hand out/ Buku (Trianto, 2009) dan (Suwandi, 2011)

 

 Pre test, presentasi, LKM/tugas, post test




Tidak ada komentar:

Posting Komentar